Minggu, 01 Januari 2017

Video Tutorial Membuat Slime Dari Sunlight dan Shampo



Video Tutorial Membuat Slime Dari Sunlight dan Shampo - Beragam Bahan

Bahan pembuat slime ternyata tak cuma satu. Ada banyak cara untuk membuat slime, bahkan ada banyak teknik pula. Namun, komposisi utamanya haruslah ada borax yang bisa mengaliskan bahan lainnya sehingga menimbulkan tekstur kenyal.

"Di Amerika, borax dijual bebas sehingga siapapun bisa mendapatkannya. Di Indonesia, borax dijual terbatas. Karena itu dicari komposisi dari bahan lain yang serupa dengan borax. Ada beberapa yang bisa dipakai, salah satunya obat sariawan atau obat tetes mata," tutur Chica.

Slime bisa dibuat dari bahan utama lem atau bahan yang rekat lainnya seperti maizena dan serbuk fiber. Material yang rekat dan bahan mengandung borax dicampurkan, lalu ditambah pewarna, begitulah penjelasan sederhana dari membuat slime sendiri di rumah.

Jika bahan sudah kalis, tinggal dilihat kekurangannya. Kalau masih cair (encer) bisa dikentalkan dengan penambahan bedak bayi. Atau jika masih lengket bisa ditambah baby oil atau losion.



Ini Dia Langkah Mudahnya..

Di Pustakalana, beberapa kali diadakan pelatihan antara orangtua dan anak untuk menstimulasi kemampuan tumbuh kembang anak. Pekan lalu, sekelompok orangtua dan anak berkumpul di Pustakalana untuk membuat slime.

"Responnya sangat bagus. Ternyata banyak anak usia SD lainnya yang minta pelatihan serupa. Katanya ingin dijual di sekolah. Wah, membuat slime sendiri bisa juga menumbuhkan bakat wirausaha sedari dini," tutur Chica.

Berikut langkah-langkah mudah dan praktis membuat slime dari Pustakalana.

1. siapkan bahan: lem cair bening, pewarna makanan, obat sariawan, mangkuk serta sendok pengaduk. Pastikan sendok dan mangkuk tidak digunakan kembali untuk makan.

2. tuangkan lem cair sesuai selera ke dalam mangkuk

3. tuangkan pewarna makanan sesuai kepekatan warna yang dikehendaki

4. tuangkan obat sariawan beberapa tetes

5. aduk rata hingga kalis dan menggumpal.

Tips dan Saran

Chica menerangkan, ada beberapa saran yang bisa dilakukan saat membuat slime di rumah. Misalnya, pastikan dilakukan dengan dialasi kertas koran. Berdasarkan pengalaman Chica, slime yang tercecer di lantai lebih mudah dibersihkan daripada slime yang terciprat di karpet atau kain.

"Baju anak saya pernah terkena slime dan jadi sulit dibersihkan nodanya," tuturnya.

Agar tak harus membuatnya berulang kali, slime yang sudah dibuat dan dimainkan bisa ditaruh dalam wadah lalu dimasukkan dalam lemari pembeku (freezer). Jika ingin memainkannya lagi, tinggal dikeluarkan dan ditunggu beberapa saat.

Selamat mencoba, mari berkreasi bersama anak di rumah!***

Previous
Next Post »